Tips Sederhana Memulai Pola Hidup Yang Sehat


Kesehatan menjadi aspek terpenting dalam kehidupan. Namun, tak banyak orang yang paham betul bagaimana cara menjaga kesehatannya. Secara umum kesehatan terbagi menjadi dua aspek yakni kesehatan jasmani dan kesehatan rohani. Kebanyakan orang cenderung melakukan kegiatan untuk kesehatan jasmani nya saja dan tidak terlalu memperhatikan kesehatan rohaninya. Kesehatan jasmani merupakan  koordinasi antara organ-organ tubuh makhluk hidup dalam keadaan normal atau stabil. Sedangkan kesehatan rohani merupakan kesehatan jiwa makhluk hidup yang memiliki pikiran dan akal sehingga mampu mengkoordinasikan dengan pikiran, hati dan kenyamanan. Sudahkah terpenuhi kebutuhan jasmani dan rohani anda? 

Jika berbicara mengenai kesehatan, tentu saja tidak terlepas dai iming-iming mendapatkan kesehatan secara instan. Misalnya untuk mendapatkan kulit sehat, saat ini orang cenderung mendapatkannya melalui proses medis yang instan seperti suntik putih, suntik kolagen dan sebagainya. Memang benar, dengan waktu yang cepat kulit anda akan terlihat lebih sehat dan bersih. Namun, tahukah anda bahwa hal tersebut tentu memiliki dampak yang buruk apabila dilakukan terus menerus. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat menggunakan tips sehat alami yang tentu saja memberi efek yang baik untuk jangka panjang. Penasaran tips sehat alami apa saja yang bisa anda terapkan? Simak artikel berikut ini. 

Bijak memilih makanan

bijak memilih makanan

Banyaknya pilihan makanan memang menggugah selera. Lihat makanan A, beli makan A. Lihat makanan B, beli makanan B. Begitu dan seterusnya. Nah, pola makan yang seperti inilah yang dapat mengganggu kesehatan anda. Bagaimana tidak? Tubuh  anda akan ter distract untuk membeli makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh anda. Tidak dibutuhkan disini dalam artian vitamin, nutrisi dan serat yang dibutuhkan untuk tubuh. Apabila hal ini anda lakukan terus menerus, justru akan menumpuk dan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan dalam tubuh inilah yang justru akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

Untuk mendapatkan tubuh sehat yang alami, anda dapat memenuhi prinsip gizi yang seimbang mencakup :

– Karbohidrat

– Serat

– Protein

– Lemak baik

Ganti makanan cepat saji anda dengan makanan sehat seperti buah dan sayur. Hal yang tidak kalah penting dalam memilih makanan yaitu cara mengolah makanan tersebut. Sangat disarankan pengolahan makanan dengan cara yang lebih sehat seperti di kukus, direbus, dan di tumis. So, sudah siap mengganti pola makan anda? 

Hindari stress

hindari stress

Rutinitas yang padat, banyak deadline, keuangan tersendat, hubungan asmara merenggang dan segala permasalahan lainnya tak jarang membuat seseorang dilanda stress. Tingkat stress karena hal diatas tergolong distress internal. Dimana seseorang mengalami stres negatif yang disebabkan lantaran pengalaman buruk, ancaman, perubahan situasi yang tak terduga serta ketidaknyamanan. Stres dapat membuat sistem tubuh anda merespon dengan cara yang berbeda-beda, apabila tingkat stres anda mencapai kronis maka akan berdampak pada kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Untuk itu, sangat disarankan sebisa mungkin agar anda mengurangi atau menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres. 

Baca Juga : Cara Membuat Minuman Segar yang Sehat dan Kekinian, Minuman Sehat Di Pagi Hari Untuk Anak

Rutin berolahraga

rutin berolahraga

Sempatkah anda melakukan olahraga setiap hari? Rupanya pertanyaan ini cukup menjadi sindiran ya. Banyak orang mengeluhkan tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga, jika anda beranggapan sama berarti anda kurang memahami betul apa itu olahraga. Olahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh baik secara jasmani maupun rohani. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, olahraga jasmani berarti anda menggerakkan bagian tubuh (mengkoordinasikan antar organ tubuh) anda. Sedangkan secara rohani anda melatih kesehatan jiwa dengan mengkoordinasikan akal dan pikiran. Kesehatan jasmani ringan yang bisa anda lakukan setiap pagi meliputi:

– Peregangan, 

– Lari-lari kecil,

– Senam

Sedangkan kesehatan rohani meliputi bermain catur dan sebagainya. Jadi, dengan demikian kesehatan tubuh anda dapat terpenuhi. 

Konsumsi air putih yang cukup

konsumsi air putih yang cukup

Selain memilih makanan yang tepat, menghindari stres dan berolahraga, mengkonsumsi air putih yang cukup juga menjadi bagian yang penting. Bagaimana tidak? 70-80% komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Apabila anda kekurangan mengkonsumsi air hal ini tentu saja dapat menyebabkan terganggu nya sistem organ tubuh anda, sehingga organ tubuh tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Selain hal tersebut, setiap harinya cairan dalam tubuh anda akan berkurang melalui urin, keringat bahkan setiap anda bernapas. Untuk itu pastikan kebutuhan cairan tubuh anda sudah terpenuhi ya. Hal ini bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi air putih 2 liter perhari. 

Makan teratur sudah, makanan bergizi sudah, olahraga sudah, mengatur tingkat stress sudah. Lantas ada lagi yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat secara alami? Ya, masih ada. Hal tersebut yaitu memiliki waktu tidur yang cukup. Memangnya pola tidur mempengaruhi? Jelas sangat mempengaruhi. Tidur merupakan kebutuhan mendasar dalam mencapai pola hidup yang sehat. Tidur menjadi pondasi utama dimana tubuh dan pikiran sehat anda terbentuk. Berbagai masalah yang timbul karena kekurangan tidur diantaranya yaitu menurunnya selera makan, tubuh tidak berenergi, kekebalan tubuh menurun hingga suasana hati yang buruk. 

Tidur merupakan waktu istirahat organ tubuh dalam memperbaiki kualitas kesehatan organ tubuh anda. Bagi orang dewasa memiliki durasi tidur 7-9 jam per malam atau sekitar 8 jam perhari. Terapkan tips sehat alami tersebut dalam keseharian anda ya. Selamat mencoba. 



RELATED POSTS