Tips Kesehatan Terbaru yang Perlu Anda Ketahui


tips kesehatan terbaru

Dalam menjaga kesehatan tubuh, Anda harus terbuka terhadap wawasan baru yang belum Anda ketahui. Dalam artian Anda harus mau menerima masukan terhadap hal-hal yang belum Anda ketahui. Terutama, bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Disaat pikiran dan tenaga Anda terkuras, maka akan mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut akan mempermudah masuknya virus atau bakteri kedalam tubuh Anda. Biasanya, berujung pada penyakit yang dengan mudahnya masuk kedalam tubuh Anda. Selain penurunan kondisi tubuh diakibatkan oleh aktivitas Anda padat, hal tersebut juga dapat terjadi akibat pola makan Anda yang tidak sehat dan tidak teratur.

Seperti yang Anda ketahui, di zaman millenial ini banyak sekali bermunculan inovasi olahan makanan dan minuman yang tidak selalu mempertimbangkan kandungan nutrisi dari makanan dan minuman yang dijual. Akibatnya hal tersebut akan mengganggu kinerja sistem di dalam tubuh Anda karena makanan dengan kandungan gizi yang tidak seimbang tersebut. Sekarang ini, rutinitas yang Anda lakukan kerapkali menimbulkan masalah kesehatan tertentu. Nah, tahukah Anda apa saja tips kesehatan  terbaru yang harus Anda ketahui dan terapkan untuk mengatasi masalah sehari-hari Anda? Berikut beberapa masalah kesehatan terbaru yang sering mengganggu Anda.

Anda termasuk orang yang sehari-hari menjadi menjadi Sedentary lifestyle?

Jika Anda termasuk kedalam pekerja kantoran yang memiliki banyak waktu berjam-jam duduk didepan komputer, berarti Anda termasuk kedalam orang yang harus diselamatkan dari rutinitas buruk yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Benar, hal tersebut merupakan salah satu contoh sedentary lifestyle atau bisa disebut gaya hidup kurang bergerak.  Sedentary lifestyle tergolong kedalam penyakit duduk atau disebut sitting disease yang merupakan suatu kebiasaan dimana Anda tidak melakukan aktivitas fisik dan tidak melakukan kegiatan.

Apakah sedentary lifestyle ini hanya dialami oleh orang dewasa seperti Anda saja?

seiring dengan perkembangan teknologi yang merambah ke dunia pendidikan hal ini menjadi salah satu fenomena yang sering dialami. Karena sebagian besar murid akan duduk dibangkunya selama berjam-jam untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Terutama jika semua pembelajarannya diarahkan menggunakan komputer dan minimnya interaksi antara pengajar dan siswa.  Selain itu sedentary lifestyle juga dapat menimpa kepada anak-anak kecil, hal ini terjadi akibat mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk sekedar duduk menonton tv, bermain gadget, komputer hingga bermain game.

Baca Juga : TIPS OLAHRAGA, Manfaat Mendengarkan Musik

Hal apa saja yang mempengaruhi pola sedentary lifestyle?

Pola sedentary lifestyle ini dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal seperti pekerjaan, kesenangan, fasilitas atau kemudahan, kurang olahraga dan  kebiasaan. Pekerjaan yang dimaksudkan seperti programmer, desain komunikasi visual atau apapun yang hampir menghabiskan waktu tidak tidurnya didepan komputer. Bermain game yang Anda senangi, terlalu memanfaatkan fasilitas misalnya menggunakan lift terlalu sering, mengurangi kebiasaan berjalan serta kurang berolahraga juga mampu mempengaruhi Anda menjadi pre-sedentary lifestyle.

Efek apa saja yang dialami oleh orang pe-sedentary lifestyle? Dan mengapa lifestyle ini tidak baik untuk kesehatan?

Sedentary life sering dikaitkan dengan gaya hidup pasif yang dipopulerkan oleh anak milenial dengan kata “mager” atau males gerak. Kebanyakan orang tidak menyadari dan menganggap ini sebagai hal yang sering diremehkan. Namun, meskipun hal ini terkesan biasa saja, tetapi apabila asupan makanan berlebih tersimpan di dalam tubuh sehingga membentuk lemak akan menyebabkan risiko kolesterol tubuh meningkat yang menyebabkan obesitas. Apabila hal tersebut dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan dampak  yang buruk untuk kesehatan Anda. Dampak tersebut mengakibatkan beberapa resiko penyakit kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung hingga stroke.

Lantas bagaimana cara mencegah dan meninggalkan pola Sedentary lifestyle?

Agar Anda terhindar dari berbagai resiko penyakit yang disebabkan oleh pola sedentary lifestyle, Anda perlu mengatur pola   hidup sehat Anda. Seperti mengatur pola makan, aktif bergerak, melakukan hal-hal positif yang mengundang aktivitas fisik Anda. Dengan begitu Anda dapat mencegah berbagai resiko penyakit yang berasal dari metabolisme tubuh Anda.

Dari beberapa tips mengenai pola sedentary lifestyle tersebut tidak hanya berlaku bagi Anda yang dalam sehari-harinya menatap layar komputer berjam-jam. Namun tips kesehatan terbaru ini dapat digunakan oleh semua jenis pekerjaan, kebiasaan, umur, gender dan sebagainya agar Anda terhindar dari berbagai resiko penyakit. Terutama untuk Anda penderita obesitas yang lebih rentan terserang berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memulai menerapkan pola hidup yang sehat untuk tubuh Anda dengan cara aktif bergerak.



RELATED POSTS