Dari sekian banyak jeruk, jeruk mana saja yang dapat dibuat minuman ya?


jeruk nyess

Kondisi cuaca yang terik membuat Anda merasakan rasa haus sepanjang hari. Saat rasa haus melanda, mencari minuman segar menjadi pilihan utama. Salah satu minuman segar yang populer sepanjang masa adalah es jeruk. Selain sebagai minuman penyegar, jeruk juga kaya akan vitamin c yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka tidak heran jika buah jeruk dipilih sebagai minuman segar pelepas dahaga. Namun, tahukah Anda bahwa buah jeruk memiliki banyak jenis dengan ciri khas dan kegunaannya masi-masing. Anda penasaran? Simak penjelasan mengenai masing-masing jenis jeruk dibawah ini. 

Jeruk lemon

Memiliki bentuk oval dengan ujung yang meruncing. Kulit buah berwarna kuning cerah dan memiliki daging buah yang tipis. Jeruk lemon memilikikadar air yang tinggi sehingga memiliki aroma asam yang sangat khas. Jika anda ingin membuat selai jeruk, anda dapat memanfaatkan kulit jeruk lemon untuk membuat selai. 

Jeruk nipis

Kulit buah memiliki warna hijau, namun ketika telah matang akan beubah warna menjadi hijau kekuningan. Jeruk nipis berbentuk bulat dan meruncing dibagian ujungnya. Memiliki kulit buah yang tebal dan diikuti dengan daging buah yang tebal. Jika anda menginginkan rasa asam pada masakan atau minuman anda dapat memberikan perasan jeruk nipis ini

Jeruk bali

Jeruk bali tau jeruk pamelo merupakan jeruk lokal yang berasal dari pulau Bali. untuk membedakannya dengan jenis lain, jeruk bali memiliki ukuran yang cukup besar dengan kulit buah yang tebal. Untuk daging buahnya berwarna putih kemerahan. Memiliki rasa yangkhas yaitu manis, sedikit kecut dan terdapat semburat pahit. 

Baca Juga : Minuman Es Rasa Jeruk, Kreasi Minuman Unik

Jeruk mandarin

Anda pernah melihat jeruk dengan warna orange yang segar? ya , itulah jeruk mandarin. Ukurannya lebih kecil dari jenis jeruk yang lain dan memiliki kulit buah yang tebal, namun mudah untuk dikupas. Rasanya yang manis membuat jeruk mandarin banyak digemari anak-anak.

Jeruk pontianak atau jeruk siam

Jenis jeruk ini biasanya lebih mudah anda temukan di pasar tradisional. Jeruk pontianak memiliki kulit berwarna hijau kekuningan dan berkulit tebal. Bagian kulit buahnya sedikit berkerut dan berserabut. 

Jeruk limau

Jeruk limau menjadi penghuni dapur andalan ibu-ibu, karena jeruk limau biasa dipakai sebagai bumbu masakan. Memiliki kulit permukaan yang halus namun memiliki kandungan air yang sedikit. 

Jeruk keprok

Berkulit tipis dan berdaging tebal merupakan ciri khas jeruk yang satu ini. Meskipun memiliki banyak biji, namun jeruk keprok memiliki rasa segar dan manis yang khas. Banyak tumbuh di negara tropis menjadikan jeruk keprok mudah ditemukan di Indonesia. 

Jeruk jerpaya / jeruk sukade

Terdengar asing, jeruk jerpaya tumbuh di kawasan Asia tenggara namun keberadaannya jarang terekspose ke publik karena tidak biasa sebagai buah konsumsi. Ukurannya yangbesar dan lonjong membuat jeruk ini disebut sebagai jeruk pepaya. Ciri khas dari jeruk ini yaitu berkulit tebal, namun memiliki sedikit bulir. Jenis jeruk ini biasanya digunakan sebagai topping kue. 

Wah, sekarang Anda mengetahui berbagai macam jenis-jenis buah jeruk bukan? Eits, tunggu dulu. Jenis-jenis jeruk diatas masih sebagian dari species jeruk yang ada di dunia loh. Dari beberapa jenis tersebut, kira-kira jenis mana saja ya yang bisa diolah menjadi es jeruk atau minuman jeruk segar? Penassaran kan. Nah, hanya ada beberapa jenis jeruk yang dapat diolah menjadi minuman, diantaranya yaitu jeruk lemon, jeruk mandarin, jeruk nipis dan jeruk keprok. Setelah Anda mengetahui, jangan salah pilih jenis jeruk untuk membuat minuman lagi ya!



RELATED POSTS