5 Kunci Utama Kulit Tampak Sehat, Mau Tau?


Memiliki kulit sehat menjadi dambaan setiap individu bukan? Seperti yang Anda ketahui, kulit merupakan organ tubuh terbesar dan terluar. Oleh karena itu kulit akan lebuh rentan untuk terkontaminasi dengan bakteri, kotoran hingga organisme lainnya. Jika sudah terkontaminasi dengan ketiga hal tersebut, tidak hanya membuat Anda merasa tidak percaya diri saja. Melainkan akan mengganggu kesehatan kulit Anda, bahkan hingga mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Baik laki-laki maupun perempuan tentu menginginkan kulit yang sehat bukan?

Menurut para ahli, kulit sehat ditandai dengan tekstur kulit yang lembab dan lembut. Sehingga membuat Anda merasa nyaman beraktivitas dan tentunya lebih percaya diri. Dalam artikel ini akan membagikan beberapa tips kesehatan yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Mau tau tips kesehatan kulit tersebut? Simak, penjelasan berikut secara seksama. 

Tidur yang Cukup

tidur yang cukup

Setiap makhluk hidup membutuhkan waktu tiduryang cukup, hal ini berfungsi untuk memberikan jeda terhadap tubuh untuk beristirahat. Sama hal nya dengan kesehatan, kulit juga membutuhkan waktu istirahat untuk meregenerasi kulit Anda yang tampak lelah, kusam dan lebih tua. Jika Anda kekurangan waktu tidur, hal ini akan memicu timbulnya kantung mata yang meghitam dibawah mata atau lebih dikenal dengan munculnya mata panda. 

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

makanan sehat

 

Tidak hanya waktu istirahat saja, tubuh membutuhkan bantuan lain untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Dengan cara mengkonsumsi makana sehat dan bergizi seperti mengkonsumsi buah dan sayur. Nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur akan terserap kedalam tubuh dan membantu memenuhi kebutuhkan yang dibutuhkan oleh kulit Anda. dengan begitu kulit akan terlihat cerah, sehat dan lebih muda. 

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

lindungi kulit

Pernahkah kulit Anda terlihat belang jika dibandingkan dengan bagian tubuh Anda yang lainnya? Jika iya, hal ini merupakan tanda-tanda kulit Anda terbakar matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dari aktivitas sehari-hari, Anda dianjurkan untuk menggunakan pakaian pelindung. Seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi dan jaket ketika berpergian. Selain itu Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 15 ketika Anda akan bepergian dari pukul 10.00 sampai pukul 16.00. Karena pada waktu tersebut matahari berada pada intensitas tertingginya. Gunakan tabir surya 20 menit sebelum keluar ruangan ya. 

Kendalikan Stress

kendalikan stress

Pernah mendengar istilah stress dapat menimbulkan jerawat pada kulit? Apa hubungannya ya? Stress akan menstimulasi kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol. Kortisol merupakan hormon utama stress yang dapat memproduksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Apabila jumlah lemak yang dihasilkan terlalu banyak, maka akan menutup pori-pori kulit hingga menjebak bakteri penyebab jerawat didalamnya. 

Baca Juga : Tips Sederhana Memulai Pola Hidup Yang Sehat, 6 Tips Sehat Ini Membuat Anda Awet Muda, Mau Tau? 

Rajin Mencuci Muka dan Menggunakan Pelembab

rajin mencuci muka

Kedua hal ini menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit Anda, terutama untuk kulit wajah. Dengan rajin mencuci muka, hal ini akan menghilangkan kotoran dan bakteri yang ada pada kulit. Sedangkan menggunakan pelembab mampu memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. 

Jangan Merokok

jangan merokok

Untuk Anda yang gemar merokok, agaknya perlu mengurangi kebiasaan tersebut. Bukan hanya berdampak bagi paru-paru, tetapi juga akan berdampak pada kesehatan kulit Anda. merokok mampu memecahkan kolagen yang dapat mengurangi elastisitas kulit serta merusak sel-sel kulit akibat dari racun tembakau. Sehingga akan membuat kulit Anda menua lebih cepat. 

Hindari Mengkonsumsi Alkohol

no alkohol

Sama hal nya dengan merokok, mengkonsumsi alkohol dapat mengakibatkan produksi kolagen didalam tubuh berkurang. Kolagen sendiri berperan untuk menjaga elastisitas dan meregenerasi kulit. Alkohol dapat melebarkan pembuluh darah Anda, secara umum dapat dilihat pada daerah sekitar mata yang mengalami kemerahan, mata panda hingga pembengkakan diarea kelopak mata. Selain itu, alkohol dapat merusak organ hati. Tentu saja hal ini akan sangat mengkhawatirkan, karena hati berperan untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Jika hati Anda rusak, maka racun tersebut akan terakumulasi didalam tubuh dan tidak dapat dibuang dengan baik. Secara kasat mata, kulit Anda akan terlihat tidak sehat, berjerawat dan kusam. 

Setelah Anda membaca tips kesehatan kulit diatas. Mulai saat ini Anda dapat menerapkan hal baik dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan kulit Anda. Secara sederhana, Anda dapat menjaga kesehatan kulit dengan cara tidak merusaknya. 



RELATED POSTS